Tips Cara Mengatasi Gatal Pada saat Hamil

Tips Cara Mengatasi Gatal Pada saat Hamil

Gatal juga adalah salah satu masalah yang berlangsung ketika hamil. Tak nyaman Tentu saja, lantaran bisa mengganggu performa. Apa sih pemicunya serta bagaimana caranya mengatasinya? nah mari kita bahas satu per satu.

Tanda-tanda : rasa gatal yang dihadapi ibu hamil dari mulai yang enteng hingga yang terberat. Malahan kadangkala rasa gatal itu dibarengi ruam serta guratan merah.

Pemicu : kulit kering, peregangan kulit perut, serta tanda-tanda PUPP (Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy). PUPP umumnya berlangsung disebabkan meningkatnya hormon HCG (Human Chorionic Gonadatrophin) serta hormon esterogen.

Umumnya, gatal-gatal ini nampak di trimester ketiga. Gatalnya merasa enteng sampai berat, diawali dari perut, lalu merambat ke paha, kaki, lengan, dada, serta pantat, dibarengi munculnya ruam, plak, rasa kebas, kemerahan, bengkak serta bintik-bintik diisi cairan sebagaimana sisa digigit serangga.

Cara Mengatasi Gatal Pada saat Hamil:

  • Beri dengan body lotion atau body butter. Janganlah digaruk karna dapat menyebabkan lebih  parah situasi.
  • Mandilah dengan air dingin karna Mandi air panas bakal menaikkan gatal.
  • Pakai sabun berkadar pH rendah, contohnya  sabun bayi.
  • Selepas mandi, lap lah kulit dengan ditepuk-tepuk, bukanlah digosok.
  • Pakai baju dari kain katun.

Jika gatal sangatlah mengganggu, selekasnya hubungi dokter spesialis kulit serta mohon referensi obat anti gatal yang aman untuk janin.PUPP bakal hilang sendiri selepas ibu melahirkan.

Mari bunda, janganlah menyerah dengan gangguan-gangguan yang menjadikan hamil jadi tak mengasyikkan. atasilah masalah tersebut  dengan segera, supaya kehamilan Anda jalan tanpa ada masalah.